MEKANISME REAKSI REDUKSI PADA BERBAGAI SENYAWA ORGANIK


  1. Litium tetrahidridaluminat (litium aluminium hidrida) sebagai agen pereduksi. Mengapa Litium tetrahidridaluminat jauh lebih reaktif dibanding natrium tetrahidridborat?
  2. Aldehid adalah reduktor kuat sehingga dapat mereduksi oksidator-oksidator lemah. Bagaimana reaksi reduksi alapabila mereduksi oksidator-oksidator kuat?
  3. Misalkan ada suatu senyawa organik yg memiliki 2 gugus fungsi, yaitu alkohol primer dan aldehid, kita telah mengetahui bahwa aldehid dapat direduksi menjadi alkohol primer, apakah mungkin terjadi reaksi reduksi jika kita mereduksi salah satu gugus fungsi tersebut? 

Komentar

  1. 2. ERMA JOHAR A1C118031
    baiklah saya akan mencoba menjawabnya , kemungkinan reaksi berjalan tidak secara optimal karena tidak cukupnya energi untk mereduksinya sehingga reaksi berjlaan lambat dan hasilnya tidak sesuai yang seharusnya

    BalasHapus
  2. Hai vika perkenalkan nama saya Sandi (A1C118041). Nah disini saya ingin menjawab pertanyaan nomor 3.menurut saya adanya suatu senyawa yang mana terdapat dua gugus fungsi itu merupakan senyawa Aldol. Dan dari pertanyaan yang diajukan menurut saya tidak bisa. Karena Bagian pertama reaksi ini adalah sebuah reaksi aldol, sedangkan bagian kedua reaksi ini adalah reaksi dehidrasi. Dehidrasi dapat diikuti oleh dekarboksilasi ketika terdapat sebuah gugus karboksil yang aktif. Produk adisi aldol dapat didehidrasi via dua mekanisme, yakni mekanisme enolat yang menggunakan basa kuat dan mekanisme enol yang menggunakan katalis asam.Maka dari itu menurut saya tidak bisa di reduksi. Terimakasih

    BalasHapus
  3. assalamualaikum vika, perkenalkan saya Nabilah Zahrah (A1C118026) akan mencoba menjawab permasalahan yang vika berikan pada nomor 3. menurut saya tidak bsa karena nanti akan mengakibatkan reaksi tidak berjalan dengan optimal. terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar